Cinta Tak Harus Memiliki

Saat bertemu Ana di sebuah cafe . Aku hanya diam dan mengaduk-aduk jus alpukat tanpa meminumnya.  

Pandanganku jauh menerawang, imajinasiku muncul dengan liarnya. Terlihat kenangan masa lalu di sana. Adegan demi adegan bermain tanpa jeda, lelah, dan kalah. 

"Kenapa melamun?" tanya Ana. Adegan itu seketika buyar. Aku terkejut! Lantas menjawab dengan datar, "masih teringat dia."

"Sudahlah, dia kan sudah menikah dengan wanita lain. Masih banyak yang menunggu kamu di depan sana. Ayo move on!" Ana memegang tanganku dan menggenggamnya. Matanya menatapku prihatin. 

Aku menatap Ana, kemudian mengalihkan pandangan ke jus alpukat yang sudah mencair. 

"Move on itu bukan hanya tentang lupa, tapi bagaimana bisa tersenyum saat merasakan luka. Aku gak bisa seperti itu, An."

 Rasa cinta selalu disertai rasa ingin memiliki. Aku merindukannya," jelasku padanya memelas.  
Ana menghela nafas, melepaskan genggamannya, semenit kemudian berkata, "tapi bagaimana jika takdir sudah berkata lain?"

"Gak bisa! Dia cinta pertamaku. Rasa cinta selalu disertai rasa ingin memiliki. Aku merindukannya." Aku tertunduk. Keegoisanku tak mau kalah. 

"Aku tahu, kalau cinta pertama itu hanya sekali saja datang di hati manusia, dan sangat sulit untuk dilupakan. Tapi ... ayolah, Del! Dia bukan jodohmu." Suara Ana melembut, mengalahkan keegoisanku. 

"Kenapa waktu cepat sekali berlalu? Seandainya waktu bisa diputar. Akan kukatakan yang sebenarnya dan aku tidak akan ceroboh meninggalkan dia." Bulir halus mulai membasahi netra. 

"Adella, cinta tak harus memiliki. Kamu harus bisa terima. Dia sudah bahagia dengan seseorang," Ana meyakinkan dengan kasih sayangnya sebagai seorang sahabat.

 "Ayo! Kita jalan-jalan," ajaknya menggeser kursi dan berjalan meninggalkanku. 

Hati ini masih berdesir perih, tetapi benar kata Ana. Aku harus bisa melupakan, Rangga, si cinta pertama. Walaupun belum benar-benar bisa lupa, aku akan membuka hati untuk si cinta terakhir nantinya.

Langkahku berlari menyusul Ana. 'Semangat Move on!' Batinku meringis.



#RNue
#ODOP_Batch3

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Lupakan Aku

Met Milad Kak Rita

Teman yang Bagaimana Kamu?